Fiat Lux Financial | Blog

QuickBooks 2022: Dukungan penuh untuk Windows 64-bit dan kebikakan lisensi berlangganan


Sejak Oktober 2021 yang lalu, Intuit sudah merilis QuickBooks 2022 sesuai estimasi jadwal yang sudah diketahui umum sebelumnya. Namun keputusan Intuit dengan hanya menawarkan skema berlanggaperuhaaanQuickBooks Desktop terbaru ini menjadi berita yang “menyedihkan” untuk para pengguna setia. Sudah menjadi acuan umum bahwa pengguna lama akan memilih untuk membeli lisensi one time/non-subscription dan melakukan upagrade versi minimal setiap tiga tahun. Intuit tetap menggunakan penamaan QuickBooks Desktop berlangganan yang sama seperti sebelumnya yaitu Pro Plus, Premier Plus, dan Mac Plus. Dengan demikian hampir semua edisi sudah bersifat langganan termasuk edisi Enterprise yang sudah berjalan sejak lebih dari 5 tahun yang lalu. Namun demikian Intuit masih memberikan kesempatan pengguna untuk membeli QuickBooks 2022 Premier Accountant dengan skena one-time/non subscription. Sebagai catatan, edisi ini juga kemungkinan besar hanya ditawarkan dengan skema lisensi berlangganan pada saat QuickBooks Desktop 2023 rilis menjelang akhir tahun 2022 ini. Selain itu Intuit memberikan kesempatan pengguna untuk membeli lisensi one-time untuk produk tahun-tahun sebelumnya melalui mitra untuk menghabiskan stok yang tersisa. Silahkan hubungi Fiat Lux apabila perusahaan anda masih berminat untuk mendapatkannya.


Dari sisi teknis, QuickBooks 2022 hanya mendukung Windows-64 bit dengan klaim adanya peningkatan kinerja sampai 38% dari QuickBooks 2021. Namun demikian, sampai blog ini dirilis, kami masih belum merekomendasikan QuickBooks 2022 untuk dijalankan pada Windows 11. Apabila anda baru membeli komputer baru dimana Windows 11 sudah terpasang, kami akan sarankan untuk melakukan instalasi ulang Windows 10 menggunakan lisensi OEM yang anda dapatkan untuk Windows 11. Pada saat Intuit mengumumkan bahwa QuickBooks Desktop sudah mendukung penuh Windows 11, anda baru dapat pertimbangkan untuk upgade komputer anda dari Windows 10. Kami perkirakan paling cepat Intuit baru akan memberikan pengumuman terkait penggunaan Internet Explorer 11 dan Windows 11 pada bulan Juni 2022.


Kewajiban menggunakan Intuit Account

Kebijakan ini melanjutkan kebijakan yang sudah diterapkan sejak QuickBooks 2021 yang lalu dengan tujuan peningkatan faktor keamanan. Pada saat file pertama kali dibuat, sistem akan memaksa Admin sebagai pemilik file untuk memasukkan password dalam mengakses Intuit Account. Harap diingat, password untuk Intuit Account berbeda dengan password untuk file QuickBooks. Anda bisa memiliki lebih dari satu file dengan masing-masing memiliki password yang berbeda untuk membukanya. Namun anda hanya cukup mengkoneksikan semua file tersebut ke satu Intuit Account yang anda miliki. Intuit Account yang sama akan anda gunakan untuk mengakses CAMPS (Customer Account Management Portal System) dimana anda dapat melihat informasi terkait lisensi QuickBooks Desktop yang anda miliki dan gunakan. Apabila anda tidak bisa mengakses CAMPS sebagai Primary Admin dan menemukan kode lisensi QuickBooks di sana, Intuit tidak akan melayani permintaan bantuan apapun termasuk kebutuhan kode validasi. Anda dapat mengunjungi referensi berikut untuk penjelasan lebih lanjut.

https://www.firmofthefuture.com/content/intuit-account-why-now-for-quickbooks-desktop/


Windows 64-bit

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, QuickBooks 2022 hanya dapat dijalankan di Windows 64-bit. Setelah proses instalasi selesai, anda dapat mengecek status tersebut melalui tombol f2 atau ctrl+1 untuk menampilkan laman Product Information seperti contoh di bawah.

Silahkan pastikan komputer yang akan anda gunakan untuk QuickBooks 2022 memiliki spesifikasi seperti berikut:

https://quickbooks.intuit.com/learn-support/en-us/help-article/install-products/system-requirements-quickbooks-desktop-2022/L9664spDA_US_en_US


Fitur baru! Upload tagihan vendor melalui perangkat ponsel

Kita dapat memasukkan data dokumen tagihan menggunakan aplikasi ponsel sehingga mengurangi pekerjaan untuk memasukkan data secara manual dan/atau menggunakan fitur OCR pada perangkat scanner yang perusahaan miliki. Semua dokumen tersebut nantinya akan tersimpan di folder Document Center yang terkoneksi dengan file QuickBooks yang digunakan. Hanya pengguna yang memilki Intuit Account yang dapat menggunakan fitur ini.







Silahkan kunjungi referensi berikut untuk melihat video cara penggunaannya

https://www.youtube.com/watch?v=F4R3MKm1kjY


Fitur Baru! Pembayaran tagihan secara online menggunakan Melio.

Fitur ini hanya dapat digunakan untuk perusahaan yang berlokasi di Amerika Serikat.


Fitur Baru! Proses persetujuan pembayaran tagihan

Fitur ini hanya tersedia di edisi Enterprise 2022.

Dengan fitur ini, proses persetujuan untuk pembayaran tagihan dapat dilakukan seara elektronis. Dashboard di QuickBooks akan menampilkan semua status tagihan yang membutuhkan persetujuan pembayaran. Apabila kita menggunakan QuickBooks Desktop Pro atau Premier, kami rekomendasikanaplikasi pihak ketiga berikut sebagai solusinya.

https://offerforge.net/?E=wKiRQIQHAPPViCn9EFFNbugGbYN5BIQ%2b&s1=






Fitur Baru! Kustomisasi tanda bukti pembayaran tagihan

Umumnya perusahaan di Indonesia memilih untuk mengirimkan bukti setoran tansaksi yang dikeluarkan bank atau tangkapan layer kepada pihak vendor sebagai bukti pembayaran tagihan. Namun kalau perusahaan membutuhkan “format” yang lebih resmi, QuickBooks menyediakan dokumen yang dapat digunakan. Dari menu, pilih Lists > Templates dan pilih Bill Payment template. Kita juga dapat mencetaknya jika ingin nmengirimkan dokumen sebagai lampiran fisik melaui File > Print Forms > Bill Payment Stubs.




Fitur Baru! Kemudahan pemilihan alamat email kontak

Dengan fitur ini kita dapat lebih mudah untuk memilih alamat email siapa saja yang akan kita sertakan dalam pengiriman tagihan.




Fitur Baru! Integrasi dengan aplikasi eCommerce melalui Webgility

Apabila kita sudah memiliki akun Webgility, kita akan lebih mudah untuk meintegrasikan dengan QuickBooks saat ini. Dengan Webgility sebagai konektor resmi yang didukung QuickBooks, kita akan mudah untuk meintegrasikan data keuangan kita ke marketplace seperti eBay atau Amazon dan/atau solusi online store seperti Shopify, WooCommerce, BigCommerce dan lainnya. Silahkan hubungi kami apabila anda tertarik untuk membuka akun Webgility. Namun apabila anda hanya berjualan di Indonesia saja, kami rekomendasikan untuk menggunakan QuickBooks Online dengan menggunakan konektor lainnya agar dapat terintegrasi dengan marketplace lokal seperti Tokopedia, Shopee, Blibli, Lazada, JD.id dan lainnya.




Fitur Baru! Discovery Hub

Fitur ini untuk menampilkan dan menjelaskan fitur baru apa saja yang tersedia di QuickBooks Desktop 2022.



QuickBooks Desktop 2022 Mac Plus

Sama seperti informasi yang sudah kami sampaikan sebeumnya, Intuit hanya menawarkan edisi Mac dengan skema lisensi langganan tahunan. Beberapa hal yang menjadi catatan kami adalah sebagai berikut

Receipt Management – Secara otomatis akan membuat dan mengkategotikan bukti pengeluaran dengan cara impor dari iPhone atau file PDF.


Pengiriman rincian tagihan secara otomatis – Kita dapat mengirimkan rincian tagihan yang sudah jatuh tempo kepada pelanggan secara otomatis.



Apple silicon processor compatibility Sudah mendukung perangkat Mac yang menggunakan chip model baru.


Pengelompokkan pelanggan – Kita dapat membuat pengelompokkan pelanggan kita sesuai tipe, status, lokasi dan saldo, sehingga lebih mudah untuk mengelola data dan berkomunikasi dengan pelanggan.



Pemilihan kontak alamat email yang semakin mudah – Proses pengiriman email kepada pelanggan dan vendor akan semakin mudah dan cepat dengan fitur ini.



Rincian transaksi – Kita akan semakin cepat untuk mengelola rincian transaksi yang dibutuhkan dengan kemudahan untuk mengekspornya ke MS Excel.



Pengelolaan kolom dan baris pada menu pelaporan – Kita akan mudah untuk menyembunyikan kolom dan baris sehingga laporan akan terlihat lebih sederhana agar mudah dibaca khususnya ketika melibatkan data seperti job dan class.



Salah satu hal yang perlu diingat adalah walapun dengan skema berlangganan, kami tetap dapat membantu untuk menyediakan lisensi QuickBooks Desktop 2022 tanpa harus menggunakan kartu kredit sebagai alat pembayaran. Silahkan hubungi kami melalui telepon +62 21 2996 41427 atau email ke info@fiatlux.co.id untuk informasi lebih lanjut.

fiat lux
Categories :