Fiat Lux Financial | Blog

Pilihan Aplikasi Transfer Uang Antar Negara

Terdapat beberapa jenis aplikasi transfer uang yang dapat anda gunakan, tergantung kemana anda ingin mengirimkan uang, dari negara mana anda akan dikirimkan uang dan manfaat apa saja yang menurut anda paling penting. Berikut adalah rangkuman dari beberapa aplikasi pengiriman uang internasional yang bisa digunakan sesuai kebutuhan personal dan/atau bisnis anda.


Wise (dahulu dikenal sebagai TransferWise)

Dengan lebih dari 10 juta pengguna di seluruh dunia, Wise adalah salah satu aplikasi yang sangat layak digunakan untuk mengirim uang dari dan ke Indonesia. Dikenal dengan biaya di muka dan nilai tukar nyata, Wise memungkinkan anda mengirim uang langsung ke rekening bank lokal dan dompet elektronis di lebih dari 50 negara. Pihak pengirim uang atau ketika anda sendiri ingin menarik saldo di rekening bisnis, anda dapat meminta dana dikirimkan ke e-walet (dompet elektronis) seperti GoPay, OVO, Dana, dan lainnya. Selain dapat diaskes memalui browser komputer, anda juga dapat mengunduh aplikasi Wise secara gratis di Android dan iOS melalui Google Play dan App Store.


Wise menawarkan 2 tipe akun yaitu untuk perorangan dan bisnis. Saat ini untuk pengguna yang beralamat di Indonesia, Wise belum menyediakan fasilitas kartu kredit atau kartu debit. Namun kalau sudah banyak yang berminat untuk mendapatkannya, Wise akan mempertimbangkan untuk menawarkannya. Salah satu keunggulan dari akun bisnis adalah perusahaan di Indonesia dapat memiliki akun bank USD di Amerika Serikat, CAD di Kanada, GBP di Inggris, EUR di Belgia, AUD di Australia, SGD di Singapura, NZD di Selandia Baru, HUF di Hongaria, dan TRY di Turki. Saldo yang mengendap di akun anda tidak akan dikenakan biaya dan dapat dikonversi dengan sangat mudah ke mata uang lainnya tanpa harus melalukan penarikkan dana. Berdasarkan informasi terakhir, Wise sedang mempertimbangkan untuk memberikan bunga untuk saldo yang mengendap di akun bisnis. Untuk pengiriman Rupiah ke nomer rekening bank lokal di Indonesia juga dapat diselesaikan dalam hitungan menit (pada hari kerja di Indonesia) sehingga sangat layak untuk dijadikan instrumen penerimaan pembayaran perusahaan. Apabila pihak pengirim dan penerima uang sudah memiliki akun Wise, proses pengiriman uang akan semakin mudah hanya dengan mengandalkan alamat email. Apabila anda memiliki kewajiban tertentu di luar negeri seperti pembayaran tagihan rekening telepon, listrik, dan lainnya setiap bulan, anda dapat memanfaatkan fasilitas Direct Debit sehingga pembayaran selalu dapat diselesaikan tepat waktu secara otomatis dengan biaya rendah atau gratis. Selain itu Wise juga mendukung fitur bank feeds Xero dan QuickBooks Online Global version for Indonesia. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi kami apabila mengalami kendala untuk pembukaan akun atau kunjungi langsung tautan ini




Western Union

Ada pula Western Union sebagai aplikasi transfer uang internasional yang dapat anda gunakan untuk mengirim uang ke lebih dari 200 negara dan wilayah di seluruh dunia. Western Union memungkinkan anda dapat melakukan transfer uang ke luar negeri tanpa perlu memiliki rekening bank di mana prosesnya dilakukan dengan mendatangi agen terdekat. Layanan ini sangat dikenal di kalangan pekerja migran Indonesia untuk mengirimkan uang ke tanah air. Western Union mungkin tidak menawarkan nilai tukar pasar menengah saat uang dikonversi - yang dapat meningkatkan biaya transfer. Namun, jaringan negara-negara Western Union sangat luas sehingga Anda dapat tetap mengandalkan layanan ini sebagai pilihan terakhir. Aplikasi ini tersedia untuk diunduh secara gratis di Google Play dan App Store.


PayPal

PayPal adalah layanan transfer uang internasional yang sekaligus bisa anda gunakan untuk membayar transaksi belanja online di luar negeri. Untuk memulai menggunakan PayPal, anda bisa melakukan registrasi menggunakan email dan hubungkan kartu kredit, debit, atau prabayar pilihan anda ke akun PayPal. Anda dapat mengirim uang dengan cepat dan mudah ke berbagai negara yang mencakup lebih dari 25 mata uang dalam hitungan menit, namun sampai saat ini Rupiah belum termasuk dalam pilihan mata uang tersebut. Pengirim pembayaran melalui PayPal tidak dikenakan biaya transaksi karena penerima yang akan menanggungnya. Jika ada pembayaran luar negeri dalam mata uang lain, maka akan dikenakan biaya konversi. Sampai saat ini PayPal masih mendominasi sebagai instrument penerimaan pembayaran transaksi bisnis di seluruh dunia. Namun di sisi lain, PayPal juga mengenakan biaya yang tinggi (sekitar 4,5%) untuk setiap penerimaan uang di akun anda, belum termasuk perhitungan kurs ketika menarik uang ke rekening bank lokal anda.


Anda juga dapat mengirim uang hanya dengan alamat email penerima - selama mereka memiliki akun PayPal. Anda dan penerima uang harus memiliki akun PayPal untuk mengirim dan menerima uang. Selain dapat diakses melalui browser komputer, tesedia aplikasi gratis untuk diunduh di App Store dan Google Play. Apabila anda tertarik untuk membuka akun PayPal dan menerima pengiriman uang, harap pertimbangkan 3 hal berikut:

  1. E-KTP yang dimiliki harus menggunakan versi terbaru yaitu sudah mencantumkan masa berlaku seumur hidup. Kebutuhan dokumen ini tidak diminta pada saat pembukaan akun, namun PayPal akan memintanya secara acak di kemudian hari sebagai bagian dari proses verifikasi data lanjutan. Dua dokumen alternatif yang sebaiknya dipersiapkan adalah Surat Izin Mengemudi dan Passport. Selama akun anda belum terverfikasi, PayPal akan membatasi transfer uang ke pihak lain, tidak termasuk penarikkan uang ke rekening anda sendiri.

  2. Untuk akun yang baru dibuka, PayPal akan menahan dana selama 21 hari untuk penerimaan beberapa transaksi di awal.

  3. PayPal sangat ketat mengawasi transaksi yang kita lakukan. Apabila pada saat verfikasi data lanjutan kita gagal memberikan dokumen yang memuaskan, PayPal dapat membekukan akun kita selama 180 hari. Dan pada saat PayPal melepaskan dana yang dibekukan, alamat email kita akan dikunci sehingga kita tidak bisa menutup akun PayPal kita tersebut atau membuka akun PayPal yang baru menggunakan alamat email yang sama.


Stripe

Saat ini Stripe sedang menjajaki untuk beroperasi di Indonesia dan beberapa perusahaan lokal sudah diundang secara terbatas untuk menggunakan layanan Stripe secara domestik. Stripe sepertinya mencoba untuk menjadi opsi intrumen penerimaan pembayaran online yang dapat terintegrasi dengan sistem perpanjakan di Indonesia.


Topremit

Layanan lainnya adalah Topremit yang menawarkan layanan transfer ke luar negeri dengan biaya dan nilai tukar yang transparan yang bisa anda pastikan sebelum melakukan proses kirim uang. Anda bisa melakukan pengiriman uang antar negara dalam waktu sekitar 5 menit untuk layanan melalui Instant Transfer atau maksimal 5 hari kerja jika menggunakan Bank Transfer. Untuk layanan penerimaan yang berlaku di negara tujuan juga mudah yakni melalui bank transfer, tarik uang tunai via lokasi terdekat, hingga penerimaan melalui dompet elektronik. Kantor Topremit berlokasi di Medan dan Jakarta sehingga anda dapat dengan mudah untuk mendapatkan dukungan melalaui telepon, email, dan chat dalam Bahasa Indonesia. Untuk menggunakannya, selain melalui browser komputer, Topremit juga tersedia di Google Play Store untuk pengguna Android dan App Store untuk pengguna iOS. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan kunjungi tautan ini.



Demikian pilihan beragam aplikasi yang tersedia untuk anda yang berlokasi di Indonesia. Masing-masing pilihan memiliki kelebihan dan kekurangan yang tentunya akan sangat bergantung dengan kebutuhan dan situasi yang anda hadapi. Selamat bertransaksi dengan aman dan cerdas!