QuickBooks 2020: Fitur Baru dan Perbaikan Lainnya

24.11.2019

 

 

Pada bulan September 2019 yang lalu, Intuit telah merilis QuickBooks Desktop 2020 yang tentunya memberikan penambahan fitur baru dan perbaikan fitur yang sudah ada. Sudah menjadi agenda rutin tahunan Intuit untuk selalu merilis versi baru. Silahkan disimak fitur baru atau perbaikan apa yang sudah ditunggu sesuai kebutuhan perusahaan kita masing-masing.

 

 

BARU! Pengingat tagihan pelanggan yang terjadwal

 

Ketersediaan: semua edisi Windows

Akses: Customers > Payment Reminders

 

Deskripsi: Kita dapat menjadwalkan untuk pengiriman notifikasi pengingat tagihan yang belum dibayar secara otomatis. Dengan fitur baru ini, pengguna dapat:

  • Membuat template email pengingat dengan mudah

  • Membuat daftar email pelanggan yang mungkin atau sering terlambat membayar tagihan

  • Menjadwalkan pengiriman email secara otomatis sesuai kelompok pelanggan

  • Memantau email yang sudah dikirimkan

 

BARU! Referensi nomer PO pada subyek email tagihan

 

Ketersediaan: semua edisi Windows

Akses: Edit > Preferences > Send Forms > Company References. Pilih template dan Edit, kemudian tekan tombol "Insert Field" dan pilih Customer-PO (subject)

 

Deskripsi: Kita dapat mengubah template email agar mencantumkan secara otomatis nomer PO di subyek email pada saat mengirimkan tagihan.

 

BARU! Menggabungkan multi email untuk satu customer:job atau vendors

 

Ketersediaan: semua edisi Windows

Akses: File > Send Forms, pilih "Combine forms to a recipient in one email"

 

Deskripsi: Dengan fitur baru ini kita dapat menggabungkan multi email tagihan agar cukup dikirim satu kali saja. Dengan demikian kita tidak perlu lagi mengunduh dulu ltagihan satu per satu dan secara manual melampirkannya dalam satu email untuk dikirimkan ke pelanggan. Sebagai catatan tambahan, walaupun fitur ini lebih cocok digunakan untuk pengiriman tagihan secara sekaligus kepada pelanggan, kita juga dapat memanfaatkannya juga terkait pengiriman email kepada pihak vendor.

 

 

BARU! Kolom laporan Job atau Class yang dapat disembunyikan secara horisontal

 

Ketersediaan: semua edisi Windows

Akses: Pada layar laporan yang menampilkan banyak kolom, pilih tombol Collapse Collumns di bagian kanan atas. Cara lainnya adalah dengan menekan simbol (-) atau (+) di sebelah kolom yang terlihat untuk menutup atau membuka dari kolom tersebut.

 

Deskripsi: Dengan fitur ini kita dapat dengan mudah untuk melihat atau menyembunyikan kolom-kolom data yang terlihat. Dengan demikian kita tidak perlu lagi harus mengekspor dulu laporan tersebut ke Excel hanya agar dapat mudah membacanya. Sebagai catatan, pada laporan nulti Job untuk sebuah Customer, fitur ini dapat digunakan untuk menyembunyikan data yang lebih terperinci karena hanya untuk melihat besaran total saja. Pada laporan multi Class, fitur ini juga dapat digunakan untuk menyembunyikan data subclass sehingga hanya menampilkan total di tingkat parent Class saja.

 

 

PERBAIKAN! Opsi bantuan yang beragam

 

Ketersediaan: semua edisi Windows (mulai dari versi 2017)

Akses: Tekan tombol f1, atau melalui menu Help > QuickBooks Desktop Help

 

Deskripsi: Perbaikan ini diharapkan dapat lebih membantu pengguna untuk mendapatkan informasi bantuan dalam beragam bentuk seperti konten resmi yang disediakan Intuit, QuickBooks Community, permintaan call back (hanya tersedia untuk nomer telepon US), dan khusus untuk pengguna edisi Enterprise adalah ketersediaan layanan Chat.

 

 

 

PERBAIKAN! Proses upgrade yang lebih mudah

 

Ketersediaan: semua edisi Windows (mulai dari versi 2017)

Akses: Menu Help > Upgrade QuickBooks 

 

Deskripsi: Proses yang lebih sederhana untuk meng-upgrade data file yang dimiliki sehingga tidak mengganggu operasional rutin yang dilakukan.

 

 

PERBAIKAN! Pencarian company file

 

Ketersediaan: semua edisi Windows (mulai dari versi 2017)

Akses: Pada layar "No Company Open" pada saat menjalankan QuickBooks

 

Deskripsi: Mengurangi ketergantungan menggunakan Windows Explorer pada saat mencari file pada semua media penyimpanan yang terkoneksi dengan komputer. Kita juga dapat menggunakan kata kunci tertentu sebagai filter untuk identifikasi file tertentu yang ingin kita cari.

 

 

BARU! Perhitungan siklus inventori (stock opname)

 

Ketersediaan: mulai dari edisi Enterprise 2019 release R3 yang terintegrasi dengan MS Excel

Akses: Menu Inventory > Cycle Count.

 

Deskripsi: Apabila pada proses stock opname menggunakan fitur yang sudah tersedia sebelumnya, kita harus hentikan semua aktifitas terkait inventori sehingga dapat mengganggu proses penjualan barang. Dengan fitur baru ini, proses stock opname dapat diusahakan seminimal mungkin tidak menggangu proses bisnis rutin yang berjalan. Terdapat dua metode yang dapat dilakukan:

 

1. Menggunakan modul Advanced Inventory yang terkoneksi dengan scanner nirkabel

2. Tanpa modul Advanced Inventory

 

 

BARU! Perhitungan landed cost (biaya impor)

 

Ketersediaan: Enterprise 2020 Platinum Subscription

Akses: menu Edit > Preferences > Items & Inventory > Company Preferences > Advanced Inventory Settings > Landed Cost

 

Deskripsi: Fitur yang sangat dibutuhkan untuk memisahkan komponen harga barang dan komponen biaya lainnya seperti biaya pengiriman, bea cukai, asuransi, dan biaya pendukung lainnya. Perhitungan biaya dapat dibedakan berdasarkan kuantitas, nilai, berat, atau volume.

 

 

BARU! Pilihan vendor

 

Ketersediaan: Enterprise 2020 Platinum Subscription

Akses: menu Vendor Center > Items.

 

Deskripsi: Data pilihan vendor yang menampilkan kontak dan harga sesuai dengan Item yang dipilih. Setelah menentukan vendor tertentu, kita dapat memproses purchase order dengan lebih cepat dan mudah dan membandingkannya dengan transaksi vendor lainnya untuk barang yang sama.

 

 

 

PRRBAIKAN! QuickBooks 2020 for Mac

 

Berikut beberapa perbaikan yang kita dapat temui:

 

Tampilan laporan yang berbeda

 

 

Company Snapshot

 

 

Mojave OS Dark Mode

 

 

Demikian perubahan-perubahan fitur yang kita akan dapatkan pada QuickBooks 2020 saat ini. Walaupun demikian apabila fitur-fitur tersebut masih belum memenuhi harapan, kami dapat membantu untuk memberikan opsi fitur yang tersedia melalui lebih dari 600 aplikasi pihak ketiga yang dapat terintegrasi dengan QuickBooks. Silahkan hubungi kami lebih lanjut melalui info@fiatlux.co.id atau (021) 296.414.27 untuk kebutuhan terkait QuickBooks di perusahaan anda.

 

Tags :

Please reload

QuickBooks 2020: Fitur Baru dan Perbaikan Lainnya

24.11.2019

1/8
Please reload

fiat lux
Categories :
Please reload