Quickbooks 2019: Komitmen Intuit Pada Quickbooks Desktop

16.09.2018

September 2018, Intuit merilis Quickbooks 2019. Intuit membuktikan komitmen terhadap Quickbooks Desktop dengan pengembangan fitur-fitur yang sangat menarik. Berikut beberapa di antaranya:

 

1. Pengembangan fitur Persediaan (Inventory)

 

Apabila menggunakan fitur persediaan, adakalanya ditemukan laporan neraca yang tidak sama dengan laporan Inventory Item Summary. Sesuai ketentuan umum, rekapitulasi daftar persediaan tidak menyertakan barang berstatus “inactive”, namun total persediaan tetap menghitung barang “inactive” di laporan neraca.


Quickbooks 2019 memunculkan peringatan saat suatu barang akan dijadikan “inactive” namun masih memiliki nilai “quantity on hand”. Tersedia juga pilihan untuk menampilkan atau tidak menampilkan barang dengan status "inactive" dalam Inventory Valuation Summary.

 

2. Pengembangan Invoice Tracker 


Fitur ini sebelumnya tersedia di Quickbooks Online dan sekarang tersedia juga di Quickbooks Desktop. Tersedia ringkasan Invoice History, dan atas Invoice yang dikirimkan melalui email tercatat saat statusnya "viewed".

 

  

 

3. Transfer nilai kredit antara Customer dan Job 

 

Apabila biasa menggunakan Credit Memo, pengembangan fitur ini sangat membantu untuk mendistribusikan nilai kredit pada banyak Job secara sekaligus. Sebuah akun baru otomatis dibuat dengan nama “Account for credit transfer” untuk menjalankan aktifitas ini. Pada versi sebelumnya, harus dibuat Credit Memo spesifik pada Job tertentu.

 

4. Pengembangan fitur Pay Bill

Fitur ini dapat mencegah terjadinya pembayaran ganda untuk satu tagihan yang sama. Pengguna pemula Quickbooks seringkali tidak mengetahui atau bahkan mengabaikan adanya perbedaan antara penggunaan “checks” dan “bills” dalam membayar tagihan.

 

5. Proses aktivasi dan upgrade yang mudah

 

Fitur ini sangat berguna untuk pengguna Quickbooks untuk melakukan aktivasi pertama kali atau upgrade ke versi 2019. Seringkali pengguna mengabaikan proses aktivasi menggunakan Intuit ID pada saat instalasi. Pada versi 2018 dan sebelumnya, kelalaian tersebut bisa berakibat harus dilakukan instalasi ulang. Namun pada versi 2019, proses aktivasi bisa dilakukan tanpa harus melakukan instalasi ulang.

 

6. Proses permindahan komputer yang mudah


Intuit tidak menerapkan pembatasan untuk instalasi dan berpindah komputer selama lisensi berhasil diaktivasi. Sangat disarankan untuk melakukan “uninstall” di komputer yang lama sebelum melakukan instalasi di komputer yang baru agar proses aktivasi berjalan baik.

Quickbooks 2019 memiliki fitur yang akan memandu tahapan proses permindahan, sehingga pengguna bisa melakukannya secara mandiri tanpa harus memiliki komptensi teknis. Fitur yang sama sudah tersedia juga di Quickbook 2017 dan 2018, dengan update release di tahun 2019.


7. Pengembangan fitur Intuit Data Protect

 

Untuk pengguna edisi Enterprise, diberikan layanan gratis Intuit Data Protect sebagai tempat penyimpanan secara online. Intuit telah melakukan pengembangan yang memudahkan pengguna untuk memastikan data backup telah tersimpan dengan baik. Proses backup harian bisa diset secara otomatis, dan dilengkapi dengan notifikasi email.

 

8. Perbaikan fitur Condense Data

 

Pada saat ukuran file *.qbw semakin besar, Quickbooks akan bekerja melambat dan pada akhirnya file menjadi rusak, sedangkan fitur Condense Data yang tersedia di versi-versi sebelumnya tidak terlalu reliabel. Rekomendasi yang biasanya diberikan adalah migrasi data dan transaksi dari file yang berbeda, baik yang dilakukan sendiri ataupun menggunakan jasa pihak ketiga. Intuit menjanjikan kinerja Condense Data yang lebih baik di Quickbooks 2019. Melakukan proses backup sebelum memulai proses Condense Data tetap merupakan tindakan yang bijak.

 

 

Informasi lain terkait Quickbooks, bisa diperoleh di situs dan blog ini.

Silahkan hubungi kami untuk kebutuhan Quickbooks dan jasa pendukung lainnya seperti pelatihan dan sertifikasi untuk pengguna.

 

Tags :

Please reload

QuickBooks 2020: Fitur Baru dan Perbaikan Lainnya

24.11.2019

1/8
Please reload

fiat lux
Categories :
Please reload