Sophos Home: Antivirus GRATIS!

14.01.2018

 

Sepanjang tahun lalu beberapa kali pengguna komputer digegerkan oleh serangan virus komputer ransomware yang menimbulkan gangguan operasional dan kerugian keuangan. Ancaman serupa kemungkinan besar akan semakin sering berulang, dan varian virus baru pun semakin banyak. Solusi utama: install antivirus atau "endpoint security" terbaik yang bisa diperoleh.

 

Solusi yang gamblang di atas, sering tidak dilakukan karena tidak mau mengeluarkan uang untuk membeli antivirus. Padahal kata "mahal" semakin tidak relevan dengan antivirus saat ini. Sebagai contoh, Kapersky Lab punya 2 produk untuk segmen personal yaitu Kaspersky Internet Security dan Kaspersky Total Security yang dibandrol dengan harga kurang dari Rp. 100.000 per tahun untuk 1 komputer.

 

Sebagian pengguna komputer mencoba berhemat dengan menggunakan antivirus versi "cracked" atau "keygen", yang diperoleh dengan harga relatif minim bahkan gratis. Antivirus versi "gratisan" ini tidak terhubung dengan pihak pembuatnya sehingga tidak akan memperoleh pembaruan untuk menangkal virus-virus baru, dan ironisnya justru berisiko menjadi pintu masuk virus lain yang disusupi dalam program "keygen"-nya.

 

Di sisi lain, kesadaran kalangan korporasi untuk menggunakan antivirus atau endpoint membuat para produsen mengalihkan strateginya, tidak lagi membidik pendapatan dari segmen personal. Segmen ini mulai dimanjakan dengan antivirus gratis dari produsen. Salah satunya, Sophos, menyediakan produk ANTIVIRUS GRATIS yang bisa digunakan untuk maksimum 10 perangkat! Walaupun produk ini tidak direkomendasikan oleh situs resminya untuk kegiatan bisnis, namun untuk bisnis yang baru mulai maupun UKM, dan tidak menggunakan server, produk ini layak untuk dipertimbangkan.

 

Beberapa hal tentang Sophos Home, layanan antivirus gratis dari Sophos:

  1. Bisa diperoleh GRATIS! dengan membuat akun di https://home.sophos.com/ yang selanjutnya diarahkan ke https://cloud.sophos.com/manage/home/device/[kode identifikasi user]/status.

  2. Sophos Home menggunakan platform “cloud” sehingga proses manajemen dan konfigurasi dilakukan semua di situs Sophos dengan koneksi internet.

  3. File instalasi diunduh dengan meng-klik tombol "Install" di portal Sophos Home, dan dilanjutkan proses instalasi dengan menjalankan file sebesar 230 MB yang selesai diunduh tersebut.  Selama proses instalasi, koneksi internet harus tetap tersedia karena komputer akan sinkronisasi dengan Sophos.

  4. Setiap akun bisa mengirimkan kode instalasi dari portal Sophos Home ke 9 komputer yang lain. Kode itu dibuka dengan internet browser untuk mengunduh file instalasi dan dilanjutkan dengan proses instalasi.

  5. Direkomendasikan untuk menjalankan "scan" setelah instalasi selesai, dan untuk tidak menggunakan lebih dari 1 antivirus dalam 1 komputer karena kinerjanya akan turun dan seringkali bentrok sesama antivirus.

  6. Komputer yang telah selesai proses instalasi akan tercatat dalam akun Sophos Home. Pemilik akun akan bertindak sebagai admin, yang dapat memantau dan melakukan tindakan apabila ada komputer yang mendapatkan “alert”. Proses penambahan dan penghapusan komputer bisa dilakukan secara bebas selama dalam batas kuota 10 perangkat.
     

Apabila kuota 10 perangkat tidak lagi memadai, saatnya mempertimbangkan solusi proteksi yang berbayar. Saat ini, selamat menggunakan Sophos Home!

 

 

Informasi lain tentang solusi Sophos Central dan Kaspersky Endpoint Security Cloud, bisa diperoleh di blog ini, atau pun langsung berdiskusi melalui kontak kami.

Tersedia ujicoba gratis tanpa komitmen selama 30 hari.

 

Tags :

Please reload

QuickBooks 2020: Fitur Baru dan Perbaikan Lainnya

24.11.2019

1/8
Please reload

fiat lux
Categories :
Please reload