QuickBooks 2018

26.11.2017

Intuit telah merilis QuickBooks 2018 pada September yang lalu. Salah satu pembaruan minor yang sederhana namun bisa sangat berguna adalah fitur untuk memberikan tanda bahwa tagihan ulang yang kita kirimkan sebenarnya sudah jatuh tempo (past due stamp). User yang masih menggunakan nomor dalam Chart of Account, sekarang pun diberikan kemudahan dengan adanya fitur pencarian Chart of Account.

 

Selengkapnya, perubahan dan tambahan yang bisa dinikmati dengan QuickBooks 2018:
 

  1. Multi Monitor

     

  2. Pencarian di Chart of Account
     

  3. Pilihan Cash/Accrual dalam menu Report
     

  4. Tanda tagihan telah jatuh tempo (past due stamp)
     

  5. Shortcut untuk copy/paste dalam baris transaksi
     

  6. Opsi secure webmail
     

Satu hal yang mungkin mengganggu adalah ketergantungan QuickBooks pada Internet Explorer. Para pengguna Windows 10 dan browser Edge, tetap harus memasang Internet Explorer v11 di komputernya untuk mengoperasikan QuickBooks 2018. Tetapi browser Chrome, Firefox, atau Safari tetap bisa digunakan.

 

Sampai dengan versi 2018 ini, Intuit tetap memposisikan QuickBooks bukan sebagai cloud-based product. Untuk kebutuhan cloud-based, konsumen diarahkan menggunakan QuickBooks Online (QBO). Terutama untuk konsumen di Indonesia, maka akan dituntun untuk memilih dan menggunakan versi Global/Internasional. Kemudahan proses memilih opsi berlangganan bulanan atau tahunan, maupun pelatihan dengan fasilitator lokal bisa, bisa diperoleh informasi detailnya di situs ini.

 

QuickBooks Private Cloud menjadi solusi yang patut dipertimbangkan kalau menginginkan pengalaman cloud-based dengan QuickBooks 2018 (bukan QBO) atau versi sebelumnya.

 

Hal lain yang selalu perlu diperhatikan bila melakukan upgrade dari versi sebelumnya, adalah kompatibilitas dari add-ons yang digunakan dengan versi baru QuickBooks. Para pengguna add-ons disarankan untuk menunda rencana upgrade sampai bulan Januari, saat issue-issue kompatibilitas biasanya sudah dikoreksi dengan Release terbaru.

 

Intuit telah mengeluarkan Release 3 (R3) di bulan Oktober. (Release 1 adalah saat QuickBook 2018 dikeluarkan pertama kali).

Berikut adalah beberapa pembaharuan dan perbaikan di R3:
 

  1. Inventory. Perbaikan pada tampilan menu (title bar) halaman “New/Edit Item” yang sulit untuk dilihat sebelumnya. Selain itu pada edisi Enterprise, terdapat perbaikan pada proses “Auto Create PO” dengan item beragam yang melibatkan fitur “Class”.
     

  2. Multi Monitor. Perbaikan untuk fitur yang baru di versi 2018 ini, sesuai dengan pelaporan masalah yang terima Intuit.
     

  3. Quickbooks File Manager. Perbaikan fitur yang hanya terdapat pada edisi Accountant.
     

  4. Perbaikan minor lain untuk masalah yang sebelumnya memunculkan pesan “Unrecoverable Errors” terkait “Items”, “Invoice”, dan “Customer Center”.
     

Para pengguna versi 2018 yang tidak mengalami masalah terkait dengan perbaikan yang ada di R3, tidak wajib melakukan pembaharuan ke R3.

 

 

Informasi lain tentang Quickbooks dan solusi yang terkait, bisa diperoleh di situs dan blog ini.

Tags :

Please reload

QuickBooks 2020: Fitur Baru dan Perbaikan Lainnya

24.11.2019

1/8
Please reload

fiat lux
Categories :
Please reload